Kota Tangerang, Bantengate.id—Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang kembali menunjukkan keunggulan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan konsistensi dalam meraih Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di atas target sejak tahun 2019.
Kepala Disdukcapil Kota Tangerang, R. Irman Pujahendra, mengungkapkan bahwa pada Triwulan I tahun 2024, IKM mencapai 88,30 persen. “Ini merupakan awal yang baik dalam pelayanan kepada masyarakat Kota Tangerang,” ujarnya saat dihubungi pada Senin 3 Juni 2024.
Irman menambahkan, pihaknya terus berupaya memberikan pelayanan terbaik dalam mengurus administrasi kependudukan. “Alhamdulillah, dengan adanya Sobat Dukcapil dan pelayanan jemput bola, kami dapat mempercepat pelayanan,” tambahnya.
Berdasarkan penilaian terakhir IKM, unsur pelayanan yang paling memuaskan para responden adalah kesesuaian/kewajaran biaya. Namun, masih ada aspek yang perlu ditingkatkan, yaitu perbaikan sarana prasarana dan layanan online. “Kami akan terus menyerap aspirasi dari masyarakat untuk meningkatkan pelayanan. Sehingga masyarakat puas dalam mengurus administrasi kependudukannya di Kota Tangerang,” jelas Irman.
Disdukcapil Kota Tangerang dalam lima tahun terakhir terus berada di Kategori Baik dalam mutu pelayanannya. Pada tahun 2019, Disdukcapil memperoleh nilai 89,24; tahun 2020 dengan nilai 91,75; tahun 2021 dengan nilai 90,06; tahun 2022 dengan nilai 92,54; dan tahun 2023 dengan nilai 86,16.
Dengan pencapaian yang konsisten ini, Disdukcapil Kota Tangerang terus berkomitmen untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanannya demi kepuasan masyarakat.–(red/kominfo)