Tangerang, BantenGate.id– Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus berkomitmen menghadirkan layanan transportasi publik yang aman, nyaman, dan terjangkau bagi masyarakat. Salah satu bentuk nyata komitmen tersebut adalah penyediaan Angkutan Kota (Angkot) Si Benteng, dengan tarif hanya Rp2.000 untuk menjangkau berbagai wilayah di Kota Tangerang.
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang, Achmad Suhaely, menjelaskan bahwa Angkot Si Benteng merupakan moda transportasi publik berbasis angkutan penumpang (feeder) yang telah menjadi kebanggaan masyarakat Kota Tangerang dari tahun ke tahun.
“Kami memastikan Angkot Si Benteng dilengkapi berbagai fasilitas modern yang membuat perjalanan lebih nyaman dan aman. Selain harganya murah, moda ini juga menjadi solusi efektif untuk mobilitas warga antarwilayah,” ujar Suhaely, Kamis (30/10/2025).
Ia menambahkan, Pemkot Tangerang secara konsisten melakukan peremajaan armada dan pembaruan rute agar layanan transportasi publik ini semakin efisien dan menjangkau lebih banyak kawasan pemukiman, kawasan industri, serta pusat keramaian.
“Rute Si Benteng kami desain agar bisa mengakomodasi kebutuhan mobilitas masyarakat, terutama dari kawasan perumahan menuju area publik dan komersial. Ini sejalan dengan visi Kota Tangerang sebagai kota layak huni dan ramah mobilitas,” jelasnya.
Berikut daftar rute terbaru Angkot Si Benteng tahun 2025:
-
Rute AP 01 (Jatiuwung–Jatake via Manis Jaya)
GOR Jatiuwung–Rawacana–Pabrik Paku–Telkom–Gang Pepes–Kelurahan Gandasari–Kelurahan Manis Jaya–Pabrik Jalan Standar–SDI At-Taufiq–Aneka Subroto Jatake–Magnolia Residence Jatake. -
Rute AP 02 (Pasir Jaya–Jatake via Gembor)
Pasir Jaya 3–Pasir Jaya 1–Pertigaan Politeknik Gajah Tunggal–Pertigaan Gembor–Kelurahan Gembor–Perum Purati Barat–Perum Purati Timur–Purati–Pabrik Panca–Autocham Industry Jatake–Magnolia Residence Jatake. -
Rute AP 03 (Situ Bulakan–Taman Cibodas via Mutiara Pluit)
Situ Bulakan–Pasar Mutiara Pluit–Jalan Baru Mutiara Pluit–Padang Jalan Baru–Kecamatan Periuk–SMPN 27 Kota Tangerang–Grand Duta Pintu Barat–Cluster Ganet Grand Duta–Cluster Jade Grand Duta–Bundaran Grand Duta–Taman Grand Duta–Grand Duta Pintu Timur–Gang Rabo–SDN Taman Cibodas–Nanas Taman Cibodas–Kacamata Taman Cibodas–Taman Cibodas. -
Rute AP 04 (Cimone–Tangerang via Raya Merdeka/Tanah Gocap)
Terminal Cimone–ICON Walk Mall–SPBU Cimone–Pabuaran–Sinar Hati–Masjid Al-Husna Sinar Hati–Sekolah Budhi Darma–Jembatan Merah Cisadane–Parkir Taman Gajah–Ruko Perintis TangCity–Laksa K3–Veteran–Masjid Agung Al-Ittihad–Kali Pasir–Kampung Babakan–Tanah Gocap–Kenaiban–Rajawali–Terminal Cimone. -
Rute AP E (Jatiuwung–Pasir Jaya via Industri Jatake)
GOR Jatiuwung–Dahu–Pemakaman Cikoneng–Autochem Industry Jatake–Aneka Subroto Jatake–Oasis Lestari–Mayora Telesonik–Dynaplast–Pasir Jaya–Perum Pasir Jaya. -
Rute AP F (Sangego–Cimone via Benua Indah)
Koang Jaya–Pintu Air 10–Kampung Baru–SMKN 7 Tangerang–Bayur–Jembatan Kali Sabi–Pabuaran Tumpeng–Benua Indah–Dharma Putra–Kenaiban–Gypsum–Terminal Cimone–Gerendeng–Pasar Jajan Gerendeng–Asrama Polisi–RS Hermina Tangerang–Benua Indah–Koang Jaya. -
Rute AP G (Jatiuwung–Cimone via Taman Cibodas)
GOR Jatiuwung–Kelurahan Jatiuwung–SMKN 8 Tangerang–Flyover Taman Cibodas–RSU Anisa–MAN 1 Tangerang–Pasar Bandeng–Kecamatan Karawaci–Gereja Cimone–Terminal Cimone. -
Rute AP H (Pabuaran–Cimone via Pondok Arum)
GOR Pabuaran–Pondok Arum–Bugel Mas Indah–RSU Anisa–Gebang Raya–Tip Top Cimone–Taman Cibodas–Cimone–Terminal Cimone. -
Rute AP I (Karawaci–Gerendeng via Palem Semi)
Masjid At-Taqwa Palem Semi–Panunggangan Barat–Bojong–Jembatan Cisadane–RS Sari Asih–RS Melati. -
Rute AP J (Poris Plawad–Cipondoh)
Terminal Poris Plawad–Royal–Irigasi Sipon–Maulana Hasanuddin–Gondrong–Green Lake City Cipondoh. -
Rute AP K (Poris Plawad–Alam Sutera)
Terminal Poris Plawad–Panglima Polim–Hasyim Ashari–Banjar Wijaya–Rasuna Said–Alam Sutera.
Suhaely berharap, masyarakat semakin aktif menggunakan Angkot Si Benteng sebagai alternatif transportasi ramah lingkungan yang mampu mengurangi kemacetan dan emisi karbon di Kota Tangerang.
“Kami ingin menghadirkan sistem transportasi publik yang tidak hanya murah, tapi juga manusiawi, efisien, dan berkelanjutan,” pungkasnya.-(red)
(Sumber: tangerangkota.go.id)








